09 August 2012

Algoritma Dasar atau Algod

Algoritma adalah langkah-langkat penyelesaian masalah secara runtun, tepat dan benar sesuai dengan tujuan yang diharapkan .

Consuer adalah suatu teknik pemecahan masalah dengan cara membagi atau memecahkan masalah kedalam bentuk yang lebih sederhana .

Logika adalah pernyataan, asumsi atau aktivitas kalkulasi dalam penyelesaian masalah yang berdasarkan alternatif benar atau salah dalam bentuk nilai-nilai yang realistis .
Kalkulasi =  Perhitungan
Realistis = Sesuai dengan kenyataan

Dalam penerapan suatu algoritma yang baik harus memnuhi hal hal berikut ini :
A. Algoritma harus berhenti setelah mengerjakan sejumlah langkah yang terbatas .
B. Algoritma harus mempunyai/ menuliskan langkah yang didefinisikan secara tepat, jelas tidak berarti dua. Misalnya dalam suatu algoritma "Bagian x dengan 5 buah bilangan positif" sudah tepat dan jelas. Tetapi pernyataan " bagian x dengan sejumlah bilangan bulat positif, tidak jelas, dapat maknanya ganda, untuk "Sejumlah" .
C. Algoritma harus memiliki satu atau lebih masukkan . Yaitu berupa besaran yang diberikan kepada Algoritma sebelum algoritma mulai bekerja .
D. Algoritma harus mempunyai satu atau lebih keluaran .
E. Algoritma harus efektif , artinya langkah yang ditulis pada algoritma dapat dikerjakan dalam sejumlah waktu yang masuk akal.
F. Suatu Algoritma ditulis dengan tidak berorientasi pada salah satu bahasa pemograman ( Bebas dari pengaruh bahasa pemograman)


No comments:

Post a Comment

Recent Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

2012 © Jabat Software