09 August 2012

Pengertian Sistem Operasi Komputer (OS)



    Sistem operasi komputer adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas melakukan kontrol dan manajement perangkat keras, dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. System operasi dalam bahasa Inggris di sebut Operasing System, atau biasa disingkat dengan OS .

System operasi komputer merupakan software pada lapisan pertama yang diletakkan pada memori komputer ( Memori komputer dalam hal ini adalah harddisk bukan memory Ram ) pada saat komputer dinyalakan.

Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah system operasi komputer berjalan dan system operasi akan melakkukan layanan inti umum untuk software-software itu.

Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk manajemen memory dan antar muka user sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut .

Karena dapat dilayani dan dilakukan oleh sistem operasi bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan Karnel suatu system operasi

No comments:

Post a Comment

Recent Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

2012 © Jabat Software